Peranan Keanekaragaman Hayati Dalam Kehidupan Manusia

Peranan Keanekaragaman Hayati Dalam Kehidupan Manusia - Dalam hidupnya, manusia selalu membutuhkan makhluk hidup lain, misalnya manusia akan membutuhkan pasangan hidup dari jenisnya, manusia juga sangat membutuhkan tumbuhan dan hewan sebagai sumber makanan atau bahan tempat tinggalnya, dan masih banyak peranan tumbuhan dan hewan bagi kehidupan manusia.

Beranekaragam jenis tumbuhan dan hewan mempunyai peranan penting dalam kehidupan manusia, antara lain, sebagai sumber pangan, sumber sandang, bahan bangunan untuk tempat tinggal, sumber pendapatan, sumber plasma nutfah, sumber bahan obat-obatan, sumber keilmuan, dan keindahan.


http://www.materisma.com/2014/04/penjelasan-peranan-keanekaragaman.html
Setiap hari kita membutuhkan makanan dan minuman agar kita memperoleh energi untuk aktivitas hidup kita. Manusia tidak dapat membuat makanannya sendiri. Manusia memperoleh makanan dari makhluk hidup lain, yaitu tumbuhan dan hewan. Sumber bahan makanan dari berbagai jenis tumbuhan dan hewan yang dimanfaatkan manusia di antaranya sebagai berikut.

a. Bahan makanan yang berfungsi sebagai makanan pokok, misalnya padi, jagung, gandum, sagu, umbi, singkong, dan talas.
b. Bahan makanan yang berfungsi sebagai lauk-pauk, misalnya ikan, ayam, sapi, kambing, dan udang.
c. Bahan makanan yang berfungsi sebagai sayuran, seperti bayam, kangkung, kubis, sawi, tomat, wortel, buncis, dan jagung. 
d. Bahan yang makanan berfungsi sebagai buah-buahan, misalnya mangga, apel, durian, rambutan, stroberi, kelengkeng, dan anggur.


Manusia hidup selalu membutuhkan pakaian, walaupun pakaian yang dikenakan penduduk di dunia memiliki bentuk, model, dan bahan yang berbeda-beda. Dari manakah asal bahan pembuat pakaian yang Anda kenakan pada saat ini? Bahan pakaian yang dimanfaatkan manusia antara lain berasal dari berbagai jenis tumbuhan atau hewan, misalnya kapas, pisang abaka, ulat sutera, bulu dan biri-biri.


Coba amati pintu atau jendela serta beberapa perabotan di rumah Anda!
Sebagian besar komponen barang-barang itu terbuat dari bahan besi, plastik, atau kayu. Bahan kayu berasal dari tumbuh-tumbuhan. Beberapa jenis tumbuhan yang dapat digunakan sebagai sumber bahan bangunan dan alat-alat rumah tangga antara lain jati, mahoni, sonokeling, bangkirai, sengon, kruing, ulin, kelapa, dan bambu.


Saat ini banyak orang yang berwirausaha dengan mengembangkan usaha di bidang keanekaragaman hayati, baik hewan maupun tumbuhan. Berbagai hewan dikembangkan manusia sebagai sumber pendapatan, misalnya dengan memelihara ayam petelur, pedaging, sapi perah, usaha perikanan air tawar, dan sebagainya. 

Selain hewan, banyak pula orang yang menggantungkan sumber pendapatannya dari usaha pembudidayaan tanaman, seperti tanaman buah-buahan, sayuran, tanaman hias, tanaman perkebunan, dan lain-lain.

Selain itu, keanekaragaman hayati yang tinggi dapat pula dijadikan masyarakat sebagai sumber pendapatan misalnya sebagai bahan bangunan dan alat-alat rumah tangga, bahan baku industri, dan rempah-rempah. 

Sumber pendapatan manusia misalnya jati dan mahoni dapat dijadikan sebagai bahan baku industri ukir; teh dan kopi sebagai bahan baku industri minuman; kenanga dan nilam sebagai bahan baku industri minyak wangi; rempah-rempah sebagai bahan baku industri makanan; dan sebagainya.


Plasma nutfah atau sering disebut gen merupakan substansi atau sumber sifat keturunan makhluk hidup yang dapat dimanfaatkan untuk menciptakan jenis unggul baru. Di Indonesia terdapat keanekaragaman hayati yang tinggi, di antaranya banyak jenis tumbuhan maupun hewan yang memiliki sifat-sifat unggul seperti perakarannya kuat, tahan terhadap hama dan penyakit, tahan terhadap kekeringan, maupun tahan terhadap air asin.


Telah disebutkan sebelumnya bahwa kehidupan manusia sangat tergantung dari tumbuhan dan hewan. Tumbuhan dikembangkan manusia melalui usaha pertanian, sedangkan hewan dikembangkan melalui kegiatan peternakan. Salah satu cara yang dilakukan manusia untuk meningkatkan hasil pertanian adalah dengan mengupayakan perkembangbiakan secara vegetatif buatan seperti mencangkok, menempel, menyambung, merunduk, dan stek.

Jika kita ingin mencangkok suatu tanaman, terlebih dahulu kita harus menguasai ilmu pengetahuan tentang morfologi dan anatomi tumbuhan karena tidak semua jenis tanaman dapat dicangkok. Ciri-ciri tanaman yang bisa dicangkok antara lain batang berkambium, kuat, bagus, subur, dan tidak terserang penyakit. 

Percabangan yang akan dicangkok harus lurus dan tegak serta idealnya memiliki garis tengah sekitar 2–3 cm. Kelebihan mengembangbiakkan tanaman dengan cara mencangkok yaitu menghasilkan keturunan yang mempunyai sifat sama dengan sifat induknya, lebih cepat berproduksi, dan perkembangbiakannya tidak tergantung pada buah atau biji induknya.


Telah kita ketahui bersama, bahwa Indonesia memiliki keanekaragaman hayati tertinggi di dunia. Manfaat tumbuhan dan hewan telah dijelaskan pada uraian sebelumnya. Selain manfaat-manfaat itu, tanaman dan hewan juga dapat dijadikan sebagai sumber bahan obat-obatan tradisional. Banyak jenis tumbuhan dan hewan yang dapat dijadikan bahan obat-obatan seperti jahe, kencur, temulawak, temu giring, adas, sirih, mengkudu, remujung, tempuyung, mahkota dewa, buah merah, dan sebagainya. 

Contoh pemanfaatan tumbuhan dan hewan sebagai obat-obatan adalah sebagai berikut.

a. Buah mengkudu (pace) diketahui berkhasiat untuk mencegah dan mengobati penyakit tekanan darah tinggi, diabetes, dan penyakit lainnya.
b. Remujung dan tempuyung diketahui berkhasiat untuk menghancurkan batu ginjal.
c. Cacing tanah berkhasiat untuk mengobati penyakit tipus.
Coba Anda sebutkan beberapa tumbuhan yang dapat dijadikan sebagai bahan obat-obatan! Carilah informasi tentang hal ini dari buku, majalah, koran, bahkan bisa pula dari internet.


Pernahkah Anda melihat tanaman hias, seperti anggrek, mawar, anekajenis bonsai, serta yang saat ini banyak digemari adalah tanaman gelombang  cinta dan anturium. Tanaman-tanaman tersebut dimanfaatkan sebagai hiasan karena dapat menjadikan pemandangan sekitar terlihat indah dan asri. 

Selain tanaman yang dapat dimanfaatkan keindahannya, hewan pun dapat dimanfaatkan pula untuk keindahan. Hewan yang dapat dimanfaatkan keindahannya misalnya burung beo dapat dinikmati keindahan suaranya dan burung merak serta burung cendrawasih dinikmati keindahan warna tubuhnya.

Demikianlah Penjelasan Peranan Keanekaragaman Hayati Dalam Kehidupan Manusia, semoga bermanfaat.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url