Prinsip Manajemen Menurut Ahli

Prinsip Manajemen Menurut Ahli - Prinsip merupakan sesuatu yang fundamental dari kebenaran yang bersifat umum dan dijadikan sebagai pedoman untuk berpikir dan bertindak. Di dalam manajemen perlu adanya prinsip yang harus dipegang khususnya dalam hal pengambilan keputusan, sehingga kesalahan mendasar yang mungkin terjadi dapat dihindarkan.

Prinsip manajemen dalam penggunaannya tidak mutlak, namun dapat disesuaikan dengan keadaan di lapangan, meskipun tetap tidak meninggalkan tujuan yang telah ditetapkan. Menurut Henry Fayol prinsip manajemen dibedakan menjadi 14 (empat belas). Berikut ini adalah empat belas prinsip manajemen tersebut.

1. Pembagian Kerja (Division of Work)

Setiap orang dalam melaksanakan kegiatan harus sesuai dengan keahlian dan keterampilannya. Tujuannya adalah untuk mencapai efisiensi dan produktivitas. Misalnya di kelas kalian ada yang menjadi ketua, sekretaris, bendahara, dan sebagainya.

http://www.materisma.com/2015/01/prinsip-manajemen-menurut-ahli.html

2. Wewenang dan Tanggung Jawab

Agar seseorang dapat memulai bekerja, maka perlu diberi wewenang atau kekuasaan untuk bertindak dan mengambil keputusan yang berhubungan dengan tanggung jawabnya. 

Dengan demikian, mereka dapat bekerja secara semangat dan penuh tanggung jawab. Misalnya kepala sekolah memiliki tanggung jawab dalam kebersihan sekolah, maka ia juga harus diberi wewenang untuk menyuruh siswa-siswa membersihkan kelasnya masing-masing.

3. Disiplin

Disiplin merupakan suatu sikap menghormati, patuh dan taat terhadap peraturan-peraturan yang berlaku serta sanggup melakukannya dan siap menerima sanksi apabila menyalahi tugas dan wewenang yang diberikan. Disiplin sangat penting karena suatu usaha tidak akan mengalami kemajuan tanpa adanya disiplin dari berbagai pihak (baik atasan maupun bawahan).

4. Kesatuan Perintah (Unity of Command)

Agar tidak terjadi keragu-raguan dalam bekerja maka karyawan atau pegawai harus menerima perintah dari satu orang atasan saja. Hal ini dimaksudkan agar terdapat kesatuan perintah.

5. Kesatuan Arah

Prinsip ini menjelaskan bahwa setiap kelompok kegiatan mempunyai sasaran yang sama dan harus mempunyai satu pemimpin yang mengarahkan pada pencapaian tujuan. Prinsip ini penting untuk kesatuan tindakan, koordinasi, dan kekuatan serta memfokuskan usaha.

6. Pengendalian Kepentingan Pribadi terhadap Kepentingan Umum 

Dalam suatu organisasi, untuk mencapai tujuan bersama setiap anggota harus mengutamakan kepentingan organisasi daripada kepentingannya sendiri.

7. Upah Pegawai

Upah pegawai merupakan harga daripada layanan yang diberikan pegawai tersebut. Pemberian upah kepada pegawai harus berdasarkan prestasi kerja atau jabatannya. Hendaknya pemberian upah harus adil dan sedapat mungkin bisa memberi kepuasan bagi pegawai dan perusahaan.

8. Pemusatan

Sentralisasi atau desentralisasi adalah masalah pembagian kekuasaan. Pada organisasi yang skalanya kecil, sentralisasi dapat diterapkan, karena atasan dapat mendelegasikan perintah langsung kepada bawahannya. Namun jika organisasinya besar, maka harus diterapkan desentralisasi.

9. Rantai Berskala (Line of Authority)

Rantai berskala ini merupakan suatu garis wewenang dan rantai pengawasan dari tingkat yang paling tinggi sampai pada tingkat yang paling bawah dalam menjalankan tugas masing-masing.

10. Ketertiban (Order)

Prinsip ini merupakan sesuatu kegiatan yang harus dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku, baik dalam mengatur manusia maupun benda. Pada suatu organisasi ataupun perusahaan dalam menempatkan pegawainya harus sesuai dengan tempatnya masing-masing. Seperti peribahasa “The right man in the right place”.

11. Keadilan (Equity)

Keadilan di sini artinya memberikan sesuatu kepada orang lain sesuai dengan haknya masing-masing. Dengan adanya keadilan maka akan tercapai kepuasan.

12. Kestabilan Masa Kerja Pegawai

Kestabilan masa kerja pegawai sangat diperlukan. Pergantian pegawai yang terlalu sering akan memberikan dampak yang kurang baik bagi perusahaan, karena perusahaan akan membutuhkan waktu lagi untuk mengajari pegawai baru.

13. Inisiatif (Inisiatif)

Inisiatif merupakan pemikiran untuk mempermudah dalam melakukan kegiatan di luar rencana, tetapi masih dalam pekerjaan. Sumber kekuatan suatu perusahaan adalah adanya inisiatif baik dari atasan maupun bawahan.

14.Semangat Korps (Esprit de Corps)

Setiap anggota dalam suatu organisasi hendaknya tertanam rasa kesetiaan pada kelompoknya. Hal ini penting dalam rangka menumbuhkan semangat kerja sama antarkelompok untuk mencapai tujuan bersama.

Demikianlah Penjelasan Prinsip Manajemen Menurut Ahli, semoga bermanfaat.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url