Piramida dan Keahlian Manajemen

Penjelasan Piramida dan Keahlian Manajemen - Pada kenyataannya, sangat jarang seseorang dapat menguasai secara sekaligus berbagai keahlian manajemen. Tugas dan peran dari orang-orang tersebut dibedakan menjadi tiga tingkatan, yaitu:
- manajemen tingkat puncak,
- manajemen tingkat menengah, dan
- manajemen tingkat pertama.

1. Piramida Manajemen

Coba kalian perhatikan struktur organisasi dalam satu kelasmu. Tentunya ada yang menjadi ketua, wakil ketua, bendahara, sekretaris, dan seksi-seksi. Merekalah yang akan mengatur organisasi kelas untuk mencapai tujuannya. Tugas dan peran dari setiap orang tersebut secara organisasional dibagi menjadi beberapa tingkatan yang dinamakan sebagai tingkatan manajemen. 

Berikut ini terdapat beberapa tingkatan manajemen.
Piramida dan Keahlian Manajemen

a. Manajemen Tingkat Puncak (Top Management)

Manajemen tingkat puncak merupakan tingkatan tertinggi dalam manajemen. Biasanya yang menduduki manajemen ini adalah direktur utama, presiden direktur, atau wakil direktur, dan sebagainya. 

Jika di dalam kelas, maka yang menjadi manajemen tingkat puncak adalah ketua dan wakil ketua. Tugas manajemen tingkat puncak adalah membuat rencana jangka panjang, menetapkan tujuan dan misi organisasi, serta strategi yang digunakan. Manajemen puncak juga harus dapat mengembangkan semua rencana yang telah dibuat dan mengadakan hubungan dengan pihak luar.

b. Manajemen Tingkat Menengah (Middle Management)

Posisi manajemen tingkat menengah berada di bawah manajemen puncak. Tugas manajemen menengah adalah mengalihkan rencana, misi, dan tujuan yang dibuat oleh manajemen puncak ke dalam program yang lebih spesifik. Biasanya yang termasuk manajemen menengah adalah manajer, kepala devisi, kepala cabang, dan sebagainya.

c. Manajemen Tingkat Pertama (First Line Management atau Supervisory) 

Manajemen tingkat pertama merupakan tingkatan yang paling rendah. Manajemen tingkat pertama dapat juga disebut supervisor. Tugas dari manajemen ini adalah membawahi langsung pekerja dan bertanggung jawab atas tugas mereka. 

Mereka juga yang selalu memberikan motivasi pada karyawan dan menetapkan prestasi yang layak diterima karyawan. Manajemen tingkat pertama terdiri atas supervisi, ketua kelompok, dan sebagainya.

Apabila dibentuk bagan, maka bentuk tingkatan manajemennya seperti berikut ini.

Struktur Organisasi Manajemen
Struktur Organisasi Manajemen

2. Keahlian Manajemen

Agar tujuan organisasi ataupun perusahaan dapat tercapai dengan baik, maka diperlukan orang-orang yang memiliki keahlian manajerial. Berikut ini adalah keahlian-keahlian manajerial yang harus dimiliki.

a. Keahlian Teknis

Keahlian teknis adalah keahlian yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan spesifik tertentu. Misalnya ahli mengoperasikan komputer, membuat desain bangunan, ahli bedah, dan sebagainya.

b. Keahlian Berkomunikasi

Maksud dari keahlian berkomunikasi adalah mampu menerima dan menyampaikan setiap informasi yang ada kepada orang lain. Dalam sebuah organisasi keahlian komunikasi merupakan faktor penting demi kelancaran dalam pekerjaan. Komunikasi ini tidak hanya satu arah saja (dari atasan ke bawahan) namun harus dua arah (dari bawahan ke atasan).

c. Keahlian Konseptual

Keahlian konseptual yaitu kemampuan dalam mengoordinasikan dan mengintegrasikan semua aktivitas organisasi.

d. Keahlian Pengambilan Keputusan

Keahlian pengambilan keputusan adalah kemampuan dalam mendiagnosa dan menganalisis sekaligus menawarkan berbagai alternatif solusi atas masalah yang terjadi.

e. Keahlian Mengelola Waktu

Keahlian ini adalah kemampuan dalam memanfaatkan waktu secara efektif dan efisien.

Demikianlah Penjelasan Piramida dan Keahlian Manajemen, semoga bermanfaat.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url