1. Tumbuhan hanya memiliki dua sistem organ, yaitu sistem akar dan sistem tunas.

2. Tumbuhan hanya tersusun dari tiga jenis jaringan, yaitu jaringan kulit, jaringan dasar dan jaringan pengangkut.

3. Jaringan kulit atau sering disebut juga sebagai jaringan epidermis, tersusun dari sel-sel epidermis. Sesuai namanya jaringan kulit terdapat pada bagian luar tumbuhan bagian akar, batang dan daun. Jaringan kulit berfungsi sebagai pelindung jaringan lain pada tumbuhan.

4. Jaringan dasar merupakan jaringan yang tersebar di seluruh bagian tubuh tumbuhan, baik pada bagian akar, batang, daun, biji ataupun buah. Parenkim, kolenkim dan sklerenkim merupakan jaringan yang termasuk dalam kelompok jaringan dasar.

5. Jaringan pengangkut pada akar terdiri atas pembuluh tapis(floem) dan pembuluh kayu(xilem).

Sistem Kehidupan Tumbuhan
6. Sel tanaman berasal dari perkembangan meristem, yang kemudian berkembang menjadi beragam jenis sel.

7. Tumbuhan terdiri dari organ pokok akar, batang dan daun. Bunga dan buah bukan merupakan organ pokok, karena merupakan cabang yang berubah bentuk dan tumbuh terbatas.

8. Fotosintesis merupakan proses tanaman menggunakan energi dari sinar matahari untuk menghasilkan gula oleh zat hijau daun atau klorofil, yang akan digunakan sebagai energi untuk hidup.

9. Faktor yang mempengaruhi fotosintesis adalah ketersediaan air, karbon dioksida, energi(matahari) dan suhu.

10. Gerak pada tumbuhan terjadi karena proses tumbuh atau karena rangsangan dari luar. Dua macam gerak tumbuhan, yaitu gerak tropisme dan gerak nasti. Pada tumbuhan tingkat rendah terjadi juga gerak perpindahan tempat atau gerak taksis.

11. Gerak tumbuhan yang dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan disebut tropisme. Tropisme yang disebabkan oleh rangsangan cahaya disebut fototropisme.

12. Gerak yang disebabkan rangsangan gaya gravitasi disebut geotropisme. Gerak tropisme lainnya misalnya gerak tumbuh akar yang dipengaruhi ketersediaan air tanah disebut dengan gerak hidrotropisme. Gerak tropisme saat tumbuhan berinteraksi dengan benda padat disebut tigmotropisme.

13. Gerak tumbuhan yang arahnya tidak terpengaruh oleh arah datangnya rangsangan disebut nasti. Nasti yang terjadi karena rangsangan sentuhan seperti pada putri malu disebut tigmonasti. Gerak nasti yang disebabkan rangsangan cahaya disebut fotonasti.

14. Hama merupakan hewan, seperti tikus, ulat dan hewan lain yang memakan, menganggu atau merusak tanaman.

15. Penyakit pada tanaman disebabkan oleh serangan virus, bakteri atau jamur. Virus yang sering menyerang tumbuhan tembakau disebut sebagai Tobacco Mosai. Serbuk putih yang sering merusak daun adalah jamur sphaerotecha mascularis. 

16. Pohon pisang bisa terkena penyakit yang disebut dengan penyakit darah yang disebabkan oleh bakteri pseudomonas celebensis.

Demikianlah Rangkuman Sistem Kehidupan Tumbuhan, selamat belajar.
Untuk Melihat Materi Lain, Silahkan Kunjungi Menu Diatas Atau Lihat Daftar Isi Selamat Belajar.

Posting Komentar Blogger

- Berkomentarlah sesuai dengan topik
- Komentar promosi & Link AKTIF tidak akan ditampilkan
- Untuk komentar LINK AKTIF Silahkan berkomentar menggunakan Akun Facebook.
- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam

Terima Kasih Sudah Berkunjung