Penjelasan Teknik Renang Gaya Dada - Pada renang gaya dada (breaststroke) terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, terutama kemampuan mengatur koordinasi tubuh saat di permukaan air. Pengaturan posisi dan koordinasi tubuh dalam gaya dada saat berada di permukaan air adalah sebagai berikut.


Gerakan tungkai dalam gaya dada adalah sebagai berikut.

a. Saat tubuh sejajar dengan permukaan air, kedua tungkai cukup lebar.

b. Tariklah kedua tungkai bagian bawah ke atas secara maksimal. Pada akhir tarikan, arahkan telapak kaki dengan memutar pergelangan kaki sehingga telapak kaki mengarah pada sikap mendorong.

c. Doronglah air dengan kedua tungkai secara serentak, sehingga tungkai membentuk setengah lingkaran dengan diakhiri oleh suatu lecutan pergelangan kaki. Kedua kaki berada dalam satu garis yang lurus di belakang tubuh.
Renang telah dikenal sejak masa prasejarah (sekitar 2000 tahun SM). Ditandai dengan ditemukannya lukisan dari zaman Batu di dalam “gua para perenang” di bagian barat-daya Mesir.
Teknik Renang Gaya Dada
Koordinasi Gerakan Lengan

Cara melakukan koordinasi gerakan lengan adalah kedua lengan lurus ke depan, kemudian membuka ke samping, dengan kedua lengan lebih lebar dari bahu. Akhir dari sikap membuka, mengambil sikap untuk melakukan tarikan (pull) dengan siku tinggi dan tetap di bawah permukaan air. Saat kedua lengan saling bertemu, lanjutkan dengan mengapit kedua siku pada satu bidang datar.


Sebagai latihan untuk dapat meningkatkan kemampuan koordinasi renang gaya dada, sebaiknya lakukan beberapa bentuk latihan sebagai berikut.

a. Latihan koordinasi gerakan renang secara perlahan pada jarak 20–30 meter secara berulang. Latihan ini bertujuan untuk melatih keluwesan dan keharmonisan gerakan.

b. Latihan dengan meningkatkan kecepatan dan jarak yang diperpanjang misalnya pada jarak 50–70 meter.

c. Latihan renang dengan sistem interval, misalnya dengan cara 6 × 25 meter dengan interval 1 menit.

d. Latihan renang dengan dimulai dari balok start secara berulang-ulang sampai terlihat kemajuan yang berarti baik secara teknik maupun waktu tempuhnya menjadi lebih baik.
Nicolas Wynman, Profesor bahasa berkebangsaan Jerman menulis buku renang pertama kali dengan judul “Colymbetes” pada tahun 1538.
Demikianlah Penjelasan Renang Gaya Dada, semoga bermanfaat.
Untuk Melihat Materi Lain, Silahkan Kunjungi Menu Diatas Atau Lihat Daftar Isi Selamat Belajar.

Posting Komentar Blogger

- Berkomentarlah sesuai dengan topik
- Komentar promosi & Link AKTIF tidak akan ditampilkan
- Untuk komentar LINK AKTIF Silahkan berkomentar menggunakan Akun Facebook.
- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam

Terima Kasih Sudah Berkunjung