Penjelasan Teknik Renang Gaya Bebas dan Gaya Punggung - Pada materi sebelumnya kita telah membahas teknik renang gaya dada, berikut ini kita akan pelajari teknik renang gaya bebas dan teknik renang gaya punggung.


Beberapa hal penting yang harus diperhatikan untuk melakukan renang gaya bebas, terutama kemampuan koordinasi tubuh saat di permukaan air. Pengaturan posisi dan koordinasi tubuh dalam renang gaya bebas, adalah sebagai berikut.

1. Koordinasi Gerakan Tungkai
Gerakan tungkai dalam gaya bebas adalah sebagai berikut.

a. Gerakan tungkai dilakukan dengan naik turun pada bagian yang vertikal, bergantian antara tungkai kanan dan kiri. 
Gerakan dimulai dari pangkal paha, dan pada gerakan menendang tekuk pada lutut, kemudian luruskan pada akhir tendangan.

Teknik Renang Gaya Bebas
b. Gerakan ke atas dilakukan dengan gerakan lurus, amplitudo gerakan yaitu jarak antara suatu tungkai maksimal, sedangkan ritme atau kecepatan gerakan, bergantung pada setiap perenang.
c. Gerakan tendangan dilakukan dengan keras.

2. Koordinasi Gerakan Lengan dan Pernapasan
Gerakan lengan pada gaya bebas terdiri atas dua gerakan, yaitu sebagai berikut.

a. Gerakan recovery, gerakan lengan selama di luar air yaitu memindahkan telapak tangan saat keluar dari air untuk dibawa ke depan kepala dan masuk ke dalam air.
b. Gerakan mendayung yang terdiri atas gerakan dorong. Gerakan ini dimulai dari ujung jari tengah menyentuh air sampai dengan selesai melakukan ayunan keluar dari air.

Pernapasan pada gaya bebas sangat memengaruhi posisi badan untuk streamline. Putaran untuk pernapasan haruslah dilakukan dengan aksis (sumbu putaran) garis sepanjang badan, sehingga kepala tidak akan naik terlalu tinggi.

Harus ada irama tertentu antara lengan, tendangan kaki dan olengan badan. Bagaimana cara perenang mengembalikan napas ke arah kanan. Saat berenang, permukaan air berada di antara garis rambut dan kening dengan posisi yang enak untuk kepala. Tengokkan kepala ke arah lengan untuk mengambil napas.

Pada saat lengan kanan berada di air, mulut berada di luar permukaan air, mengambil napas melalui mulut dengan dibuka lebar-lebar pada ketinggian permukaan yang ditimbulkan oleh kepala karena melaju ke depan. Pada saat recovery lengan kanan, kepala menoleh ke arah bawah, dan mata melihat arah air, pengeluaran napas kembali, udara harus dibuang keluar sebelum mulai mengambil napas kembali.
Hasil penelitian di Melbourne, Australia, menunjukkan secara statistik IQ anak-anak yang diajarkan berenang sejak bayi lebih tinggi daripada anak-anak yang tidak diajarkan berenang atau yang diajarkan berenang setelah usia 5 tahun.

Gaya punggung mulai dikenal sejak sekitar 1912. Posisi tubuh pada renang gaya punggung sangat menguntungkan, karena muka menghadap ke atas sehingga memudahkan untuk mengambil napas. Berikut beberapa koordinasi gerak renang gaya punggung.

1. Koordinasi Gerakan Tungkai
Gerakan tungkai gaya punggung sama dengan gerakan tungkai gaya bebas, namun berbeda posisi tubuh. Perenang dapat melakukan latihan gerakan tungkai dengan telentang, kedua lengan di atas kepala sejajar dengan telinga. 

Adapun teknik gerakan tungkai pada gaya punggung adalah sebagai berikut.

a. Tungkai digerakkan dari bawah ke atas.
b. Saat tungkai digerakkan, lutut tidak keluar dari permukaan air.
c. Saat melakukan tendangan, lutut diluruskan.
d. Pada akhir tendangan, seluruh permukaan tungkai berada pada satu garis lurus dengan pinggul, perut, dan dada.
e. Gerakan tungkai dilakukan seperti gerakan mencambuk.

2. Koordinasi Gerakan Lengan
Teknik gerakan lengan pada gaya punggung adalah sebagai berikut.

a. Gerakan tangan dimulai dari garis tengah badan yang diperkirakan berada di atas kepala.
b. Cara tarikan di bawah permukaan air, yaitu setelah kelingking masuk ke permukaan air, telapak tangan menghadap keluar. Ketika telapak tangan melakukan gerakan menarik, siku membentuk sudut hampir sejajar dengan tubuh. Lakukan gerakan dorongan tangan yang berakhir di samping paha.

Demikianlah Penjelasan Teknik Renang Gaya Bebas dan Gaya Punggung, semoga bermanfaat.
Untuk Melihat Materi Lain, Silahkan Kunjungi Menu Diatas Atau Lihat Daftar Isi Selamat Belajar.

Posting Komentar Blogger

- Berkomentarlah sesuai dengan topik
- Komentar promosi & Link AKTIF tidak akan ditampilkan
- Untuk komentar LINK AKTIF Silahkan berkomentar menggunakan Akun Facebook.
- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam

Terima Kasih Sudah Berkunjung