Penjelasan Kombinasi Senam Lantai - Senam lantai merupakan rangkaian berbagai gerakan yang disusun secara sistematis untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam hal ini adalah kebugaran jasmani yang menjadi tujuan dari aktivitas senam yang dilakukan. Senam lantai dilakukan dengan kombinasi terpadu.

Senam lantai merupakan salah satu bagian dari senam artistik. Demikian juga dengan senam ketangkasan. Hal tersebut dikarenakan dalam beberapa gerakan senam lantai terdapat gerakan tumbling dan akrobatik. Oleh karena itu, senam lantai dengan senam ketangkasan merupakan satu kesatuan gerak.

Dalam pertandingan resmi, rangkaian gerakan senam lantai yang berurutan terdiri atas dua bagian, yaitu gerakan bebas dan gerakan wajib. Pada rangkaian gerakan bebas, pesenam dinilai berdasarkan gerakan yang dilakukannya. Gerakan yang dilakukan biasanya menunjukkan gerakan keseimbangan, kekuatan, lompatan, dan salto. Sekarang kita akan mempelajari beberapa gerakan dasar senam lantai lanjutan yang dapat Anda pelajari dan praktikkan, di antaranya adalah gerakan salto ke depan dan gerakan flik-flak (flic flac).

A. Kombinasi Senam Lantai

Kombinasi Senam Lantai
1. Salto Depan

Salto depan atau front somervault adalah gerakan mengguling (roll) di udara ke arah depan. Supaya badan dapat berputar di udara, sikap badan harus bulat. Poros putaran gerakan salto disebut sumbu putaran transfersal. Jika dilihat gerakan salto ini sama dengan putaran pada roll (guling) depan, hanya saja keterampilan salto ini dilakukan di udara.

Putaran salto minimal harus 360 derajat. Satu putaran ini disebut dengan single salto, karena badan hanya memutar satu kali putaran. Jika derajat putarannya ditambah, misalnya sekitar 45 derajat, maka hasil putaran (mendarat) akan berbentuk dalam posisi telungkup. Namun, putaran salto ke depan juga bisa dilakukan dua kali atau double salto. 

Cara melakukan salto depan adalah sebagai berikut.

a. Awalan : Lakukan awalan beberapa langkah.
b. Tolakkan : Lakukan tolakan dengan kedua kaki ke atas dengan kuat, bersamaan dengan kedua lengan diayun kuat ke atas.
c. Layangan : Saat mencapai titik loncatan maksimal, kedua tangan memeluk lutut, dan kepala menunduk.
d. Pendaratan : Menjelang pendaratan, pegangan tangan dilepaskan, kedua lutut diluruskan, kemudian mendarat dalam posisi berdiri.
Agar terhindar dari cedera, perhatikan gerakan dalam setiap pendaratan. Pastikan lutut ditekuk dan dilentukkan, agar kaki tidak langsung menerima beban pada satu titik tumpuan.
Beberapa kesalahan umum saat melakukan gerakan salto ke depan.

a. Tolakan kaki kurang kuat.
b. Lengan tidak mengayun kuat ke atas.
c. Arah loncatan terlalu depan, sehingga loncatan kurang tinggi. Kesalahan ini akan mengakibatkan Anda jatuh dalam posisi duduk.
d. Badan kurang bulat, karena lutut tidak dilipat ke dada atau tangan tidak memeluk lutut dan kepala tidak menunduk.
e. Saat mendarat lengan tidak direntangkan ke atas, tetapi di ayun ke depan, sehingga mengurangi keseimbangan saat mendarat. 

Setelah melakukan salto depan sendiri, lakukan dengan bantuan temanmu. Berikut cara melakukannya.

a. Bantuan terdiri atas dua orang.
b. Tiga orang saling berpegangan.
c. Anda yang di tengah mencoba melakukan salto depan sambil dipegangi temanmu.
d. Pegangan harus kuat.
e. Hindari latihan tanpa diawasi guru.

http://www.materisma.com/2014/09/penjelasan-kombinasi-senam-lantai.html2. Salto Belakang

Salto belakang atau biasa disebut flic-flac adalah suatu bentuk gerakan dalam senam lantai yang dimulai dengan berdiri, kemudian membengkokkan lutut. Setelah itu menolakkan kedua kaki serta melemparkan kedua tangan ke belakang hingga mendarat, tangan dijadikan tumpuan untuk gerakan selanjutnya, badan membusur disertai lemparan kedua kaki ke belakang hingga berdiri tegak. Poros putaran sama dengan gerak salto depan. Cara melakukan gerakan flic-flac adalah sebagai berikut.

a. Awalan : Berdiri dengan kaki rapat, kedua lengan lurus ke depan.

b. Tolakan : Turunkan lengan dan ayun ke belakang, lutut ditekuk hingga setengah jongkok. Ayunkan kembali kedua lengan ke depan atas, bersamaan dengan tolakan kaki yang kuat, kepala tegak dilipat ke belakang.

c. Layangan : Badan melenting, kedua kaki lurus, badan melayang sebelum kedua tangan menumpu di atas matras. Setelah mencapai posisi handstand, kedua kaki dihentakkan (snap), panggul ditekuk disertai dengan tolakan tangan.
d. Pendaratan : Kedua kaki mendarat, dada dan kepala terangkat, kedua lengan lurus ke depan.

Bagi pemula, gerakan ini cukup sulit dan beresiko tinggi. Untuk keselamatan, siapkan peralatan yang memadai dan bimbingan atau bantuan. Latihan untuk pemula dapat dilakukan sebagai berikut.

a. Lakukan secara berpasangan.
b. Pasangan saling membelakangi.
c. Kedua tangan lurus ke atas, salah satu memegang pergelangan tangan. Kemudian bungkukkan badan sehingga telapak tangan temanmu yang dipegang menyentuh lantai.

Beberapa kesalahan umum saat melakukan gerakan salto belakang.

a. Ayunan lengan ke atas belakang kurang kuat.
b. Kepala tidak tegak dilipat ke belakang.
c. Tolakan kaki kurang kuat, terlalu cepat atau terlalu lambat menolak.
d. Lengan tumpu bengkok, tumpuan tangan terlalu cepat atau terlalu lambat.
e. Tolakan cepat menghentakkan kaki sebelum sikap handstand.
f. Tolakan tangan kurang kuat.

B. Kombinasi Senam Ketangkasan

1. Loncat Kangkang

Loncat kangkang atau straddle vault adalah gerakan meloncati suatu alat dengan cara bertumpu pada alat tersebut. Dalam kejuaraan senam, alat yang dimaksud disebut dengan kuda-kuda lompat (vaulting horse). Pelaksanaan gerakan loncat kangkang ini dapat dibagi dalam beberapa tahap, yaitu awalan, tolakan, layangan, dan pendaratan. Cara melakukannya adalah sebagai berikut.

a. Awalan : Lakukan beberapa langkah awalan.
b. Tolakkan : Tolakkan kaki dengan kuat, kemudian kedua tangan segera menumpu di atas kuda-kuda lompat. Kedua tangan dibuka selebar bahu.
c. Layangan : Panggul diangkat tinggi dan kedua kaki dibuka lebar ke samping pada saat melayang di atas kuda-kuda lompat. Luruskan badan, kedua kaki dirapatkan sesaat sebelum mendarat.
d. Pendaratan : Lakukan pendaratan dengan kedua kaki

dan lutut mengeper, dan pertahankan keseimbangan.

2. Berguling ke Depan (Forward Roll)

Latihan gerak berguling ke depan dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut. Mula-mula berdiri di depan matras, letakkan telapak tangan di atas matras. Tekuklah kepala hingga ke dagu, kemudian tekuklah tangan sampai bahu menyentuh matras. Lalu, bergulinglah ke depan dengan posisi akhir jongkok sempurna. Lakukanlah secara berulang.

Penting Untuk Diingat

1. Senam merupakan bentuk latihan fisik yang disusun secara sistematis. Senam pun merupakan cabang olahraga yang membutuhkan kelentukan, daya tahan tubuh, ketangkasan, kecepatan, dan koordinasi gerak yang baik dengan penguasaan teknik-teknik yang memadai.

2. Senam ketangkasan adalah salah satu jenis senam umum yang bertujuan untuk membentuk kesehatan dan kebugaran jasmani. Senam ini dilakukan sesuai dengan kebutuhan.

3. Salto depan adalah gerakan mengguling (roll) di udara ke arah depan. Adapun salto belakang atau flic-flac adalah bentuk gerakan dalam senam lantai yang dimulai dengan berdiri, kemudian membengkokkan lutut, menolakkan kedua kaki serta melemparkan kedua tangan ke belakang hingga mendarat.

4. Loncat kangkang adalah gerakan melompati suatu alat dengan cara bertumpu pada alat tersebut. Dalam kejuaraan senam, alat yang dimaksud disebut dengan kuda-kuda lompat (vaulting horse).

Demikianlah materi Penjelasan Kombinasi Senam Lantai dan Ketangkasan (Salto Depan dan Belakang), semoga bermanfaat.
Untuk Melihat Materi Lain, Silahkan Kunjungi Menu Diatas Atau Lihat Daftar Isi Selamat Belajar.

Posting Komentar Blogger

- Berkomentarlah sesuai dengan topik
- Komentar promosi & Link AKTIF tidak akan ditampilkan
- Untuk komentar LINK AKTIF Silahkan berkomentar menggunakan Akun Facebook.
- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam

Terima Kasih Sudah Berkunjung