Mengenal Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Mengenal Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi - Telekomunikasi adalah teknik pengiriman atau penyampaian infomasi dari suatu tempat ke tempat lain. Dalam kaitannya dengan telekomunikasi, bentuk komunikasi jarak jauh dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu:

1) Komunikasi satu arah (simplex). Dalam komunikasi satu arah (simplex), pengirim dan penerima informasi tidak dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh: pager, televisi, dan radio.
2) Komunikasi dua arah (duplex). Dalam komunikasi dua arah (duplex), pengirim dan penerima informasi dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh: telepon dan VOIP.
3) Komunikasi semi dua arah (half duplex). Dalam komunikasi semi dua arah (half duplex), pengirim dan penerima informasi berkomunikasi secara bergantian, namun tetap berkesinambungan. Contoh: handy talkie, faksimile, dan chat room.

1. Peralatan Teknologi Informasi

Peralatan teknologi informasi adalah peralatan yang digunakan untuk mendapatkan suatu informasi yang dibutuhkan melalui media elektronik maupun cetak. Yang termasuk peralatan teknologi informasi adalah sebagai berikut.

a. Koran

Koran biasanya dicetak pada kertas dengan biaya murah (kertas koran) yang berisi kumpulan berita-berita terkini dengan berbagai topik, seperti kriminalitas, olahraga, tajuk rencana, dan sebagainya. Koran biasanya diterbitkan setiap hari, kecuali pada hari-hari libur. Ada juga koran yang diterbitkan setiap sore. Selain itu, ada juga koran mingguan yang biasanya lebih kecil dan kurang prestisius dibandingkan dengan koran harian, dan biasanya isinya bersifat menghibur.

Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

b. Majalah

Majalah didefinisikan sebagai kumpulan berita, artikel, cerita, iklan, dan sebagainya yang dicetak dalam lembaran kertas berbagai ukuran dan bersampul, setidak-tidaknya mempunyai wajah yang dirancang secara khusus. Majalah terbit secara berkala, bukan terbit setiap hari, misalnya mingguan atau bulanan.

Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

c. Televisi

Televisi adalah peralatan elektronik yang digunakan untuk menyampaikan informasi dalam bentuk gambar bergerak (video) dan suara serta dapat melihat dari jarak jauh. Televisi adalah karya massal yang dikembangkan dari tahun ke tahun. Dalam perkembangannya, terdapat banyak pihak yang terlibat, antara lain penemu maupun inovator, badan usaha. Televisi juga bisa menjadi sarana hiburan.

Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

d. Radio

Radio adalah peralatan elektronik yang digunakan untuk menyampaikan informasi berupa suara dari stasiun pemancar melalui frekuensi yang telah ditetapkan.
Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

e. Kalkulator

Kalkulator adalah alat yang digunakan untuk memperoleh informasi hasil perhitungan angka. Kalkulator biasa digunakan untuk menentukan hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan operasi hitung lainnya yang nilai bilangannya besar.

Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

f. Cash Register

Cash register adalah alat yang digunakan untuk memperoleh informasi pembayaran di kasir. Cash register ini dapat dijumpai di pasar swalayan, supermarket, toko, dan sebagainya. Bedanya dengan kalkulator adalah pada cash register terdapat gulungan kertas yang berfungsi untuk mencetak hasil perhitungan berupa informasi total biaya.

Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

g. Komputer

Komputer adalah alat yang terdiri dari hardware dan software untuk membantu manusia dalam mengolah data menjadi informasi dan menyimpannya untuk ditampilkan di lain waktu. Informasi yang dihasilkan komputer dapat berupa tulisan, gambar, suara, video, atau animasi.
Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

h. Laptop/Notebook

Laptop/notebook adalah peralatan yang fungsinya sama dengan komputer, tetapi bentuknya lebih praktis karena dapat dilipat dan dibawabawa, serta menggunakan bantuan baterai charger sehingga dapat digunakan tanpa menggunakan listrik.

Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

i. Personal Digital Assistant (PDA)

Personal digital assistant (PDA)/komputer genggam adalah peralatan sejenis komputer, tetapi bentuknya sangat mini sehingga dapat dimasukkan ke saku. Manfaatnya hampir sama dengan komputer, yaitu dapat mengolah data, bahkan sekarang banyak PDA yang juga dapat berfungsi sebagai handphone (PDA Phone).

Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

j. Kamus Elektronik

Kamus elektronik adalah peralatan elektronik yang digunakan untuk menerjemahkan kata ke dalam berbagai bahasa sesuai dengan program yang ada di dalam kamusnya. Bentuk umumnya seperti laptop, namun dalam ukuran yang lebih kecil.

k. Kamera Digital

Kamera digital adalah peralatan yang digunakan untuk menyimpan gambar atau video dengan menggunakan metode penyimpanan secara digital atau disk.
Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

l. Flash Disk

Flash disk adalah media penyimpanan data yang berbentuk Universal Serial Bus, tetapi dapat menyimpan data dalam jumlah banyak. Daya tampung data setiap flash disk berbeda-beda, ada yang 512 MB, 1 GB, 2 GB, 4 GB bahkan sampai 16 GB lebih.

m. Alquran Digital

Alquran digital adalah peralatan yang digunakan untuk menyimpan data berisi ayat-ayat Alquran yang dapat mengeluarkan tulisan dan suaranya. Berbentuk seperti smartphone sehingga dapat dibawa dengan mudah.

n. MP3 Player

MP3 player adalah peralatan yang dapat menyimpan data sekaligus dapat digunakan untuk memutar musik dan mendengarkan radio. Sekarang ini sejalan dengan kemajuan teknologi bentuk MP3 Player ini semakin beragam, mulai dari yang berbentuk batang, kotak, bahkan ada yang berbentuk boneka dan mainan.

o. MP4 Player

MP4 player adalah peralatan yang dapat digunakan sebagai media penyimpanan data, sekaligus sebagai alat pemutar video dan musik, radio, dan permainan.

p. Satelit

Secara umum, satelit didefinisikan sebagai benda yang mengorbit benda lain dalam periode tertentu. Satelit ada dua jenis, yaitu satelit alam dan satelit buatan. Satelit yang merupakan peralatan teknologi informasi adalah satelit buatan, misalnya satelit telepon, satelit internet, satelit televisi, dan satelit radio.

Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Satelit terdiri dari beberapa jenis, di antaranya adalah sebagai berikut.

1) Satelit ilmiah adalah satelit yang digunakan untuk mengamati bumi dari orbit, seperti pengamatan lingkungan, meteorologi, dan pembuatan peta, serta untuk mengamati benda langit lainnya, seperti planet, galaksi, dan bulan.
2) Satelit komunikasi adalah satelit buatan yang dipasang di angkasa dengan tujuan telekomunikasi menggunakan radio pada frekuensi gelombang mikro.
3) Satelit navigasi adalah satelit yang menggunakan sinyal radio yang disalurkan ke penerima di permukaan tanah untuk menentukan lokasi sebuah titik di permukaan bumi.
4) Satelit cuaca adalah satelit yang digunakan untuk mengamati cuaca dan iklim bumi.

2. Peralatan Teknologi Komunikasi

Peralatan teknologi komunikasi adalah peralatan yang digunakan untuk berkomunikasi antara dua orang atau lebih. Berikut ini adalah peralatan teknologi komunikasi yang digunakan oleh manusia.

a. Telegraf

Telegraf adalah peralatan komunikasi yang digunakan untuk mengirim sandi melalui jaringan telepon. Peralatan ini merupakan cikal bakal teknologi komunikasi modern.

Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

b. Telepon

Telepon adalah peralatan teknologi yang digunakan untuk ber-komunikasi antara dua orang dengan menggunakan suara. Telepon ada tiga macam, yaitu fixphone, telepon seluler, dan fixphone celluler.

1) Fixphone (deskphone) adalah alat komunikasi yang berbentuk pesawat sambungan tekan nomor dengan menggunakan kabel yang sifatnya permanen dan tidak dapat dipindahkan ke tempat lain yang tidak ada kabel jaringannya. Contoh jenis telepon ini adalah telepon yang dipakai di rumah-rumah atau kantor menggunakan kabel telkom.

Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

2) Telepon seluler adalah alat komunikasi tanpa kabel yang berupa pesawat seluler dan bentuknya cukup kecil sehingga dapat dibawa ke mana-mana Pesawat seluler ini harus menggunakan kartu jaringan agar dapat digunakan. Telepon jenis ini dikenal dengan nama handphone. Kartu jaringan yang tersedia untuk telepon jenis ini ada dua macam, yaitu GSM, seperti Mentari, IM3, Simpati, Pro Xl, Matrik, dan CDMA seperti Flexi, Fren, Esia, Star one, dan Ceria. Adapun merek-merek yang sering digunakan adalah Nokia, Siemens, LG, Samsung, Sony Ericsson.
Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

3) Fixphone celluler (wireless deskphone) adalah peralatan komunikasi yang berbentuk telepon duduk tanpa kabel yang dapat dipindahkan ke tempat lain. Telepon jenis ini harus menggunakan kartu jaringan khusus CDMA, seperti Flexi, Ceria, Fren, atau Esia.

c. Faksimile

Faksimile adalah peralatan komunikasi yang digunakan untuk mengirim tulisan kepada sesama alat tersebut melalui sambungan telepon. Contoh merek faksimile adalah Brother, Canon, HP, dan Epson.

Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

d. Pager

Pager adalah peralatan komunikasi yang digunakan untuk menerima pesan teks melalui jaringan tanpa kabel. Namun sekarang alat ini sudah tidak dipakai lagi.

e. Handy Talky

Handy talky adalah peralatan komunikasi antara dua orang dengan menggunakan pesawat khusus (HT) tanpa kabel. Pesawat khusus ini biasanya menggunakan gelombang 11 meter atau 2 meter. Komunikasi alat ini tidak memerlukan biaya atau tarif, namun komunikasinya secara bergantian dan dapat didengarkan oleh orang lain pada gelombang yang sama. Komunikasi jenis ini sering dinamakan brik-brikan dan yang sering menggunakan komunikasi dengan alat ini adalah pihak kepolisian di lapangan.

Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Demikianlah Materi Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi, selamat belajar.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url